Categories
Pendidikan

Mengenal Macam Macam Komunikasi Disini

Komunikasi secara lisan dapat diartikan sebagai salah satu jenis komunikasi yang dapat terjadi dengan langsung atau bahkan yang terjadi tanpa adanya batasan jarak atau waktu, seperti contohnya adalah di komunikasi lisan yang diadakan di dalam suatu rapat, atau percakapan yang dilakukan secara langsung.

  1. Tulisan

Komunikasi ini dilakukan dengan cara tertulis, dan salah satu jenis media komunikasi yang di dalam penyampaiannya dilakukan dengan bentuk tulisan, seperti contohnya adalah penyampaian yang dilakukan di sebuah kampanye yang digunakan di dalam spanduk, undangan, atau bahkan di dalam naskah.

  1. Komunikasi Berdasarkan TujuaN

Komunikasi yang dapat ditinjau dari tujuan ini bisa dikategorikan beberapa macam yaitu pemberian saran, membuat atau berpidato, perintah, eramah agama yang biasanya ada di lingkungan rumah ibadah, atau bahkan kegiatan wawancara.

Baca Juga: Kata Kerja Bahasa Jerman

Dengan adanya konsep tersebut maka terdapat beberapa kegiatan yang komunikator lakukan dan hal tersebut adalah salah satu faktor yang paling penting untuk menjalani interaksi di dalam proses komunikasi tersebut.

  1. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Komunikasi internal adalah salah satu jenis komunikasi yang terjadi di dalam ruang lingkup organisasi atau bahkan ruang lingkup perusahaan. Komunikasi internal ini diantaranya bisa berbentuk komunikasi vertikal, horizontal, atau bahkan diagonal.

 

Komunikasi internal ini memiliki bentuk komunikasi yang hanya berada di dalam ruang lingkup suatu individu atau sekelompok orang. Tidak ada interaksi dengan lingkungan yang berada di luar.

  1. Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal ini berarti yaitu sebuah komunikasi yang dapat terjalin oleh satu organisasi atau bahkan suatu masyarakat dengan berbagai macam bentuk. Beberapa contohnya adalah sebuah pagelaran pameran yang tentu saja akan dihadiri berbagai macam orang yang ada di luar lingkup pagelaran pameran tersebut bisa saja orang yang menghadiri pameran tersebut datang dari berbagai macam kota,

dan melakukan interaksi dengan orang yang datang ke pameran tersebut, pers conference, bakti sosial, dan banyak lainnya.

  1. Komunikasi Berdasarkan Aliran

* Komunikasi 1 Arah atau One Way Communication, yang berarti bahwa komunikasi tersebut hanya dari salah satu pihak saja.

 

  1. Komunikasi 2 arah

Two Way Communication</a> yaitu bentuk komunikasi yang saling memberikan feedback, seperti halnya saat seseorang sedang curhat dengan kalian, mereka menginginkan kita untuk memberi masukan atau saran

 

maka yang akan kalian lakukan tentunya adalah akan memberikan feedback yaitu berupa saran atau nasihat kepada orang tersebut.

 

* Komunikasi ke bawah, bentuk komunikasi ini adalah komunikasi yang dibuat oleh atasan langsung ke bawahan mereka, misalnya adalah bos perusahaan menanyakan defisit perusahaan kepada staff mereka.

 

* Komunikasi ke atas, komunikasi yang dilakukan seseorang dari bawahan ke atasan, contohnya adalah saat seorang staff melaporkan sebuah hasil kerja yang mereka lakukan selama satu bulan ini kepada atasan atau bos mereka.

 

* Komunikasi ke arah samping, yaitu salah satu bentuk komunikasi yang dapat berjalan di antara beberapa orang yang memiliki kedudukan yang sama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *