Categories
Parenting

Makanan Bergizi & Berolahraga

Mama mungkin pernah mendapat saran untuk mengonsumsi produk tertentu agar ASI bisa melimpah saat buah hati lahir. Sebaiknya, jangan langsung percaya, ya, Ma, karena tak semua produk, baik itu obat maupun suplemen, aman dikonsumsi selama hamil dan menyusui, kecuali atas reko mendasi dokter kandungan. Apalagi, terang Amalia, sebenarnya tak ada makanan, minuman ataupun suplemen khusus bagi mamil yang bisa membuat produksi ASI melimpah. “Kualitas air susu seorang ibu sudah pasti bagus dan paling sesuai untuk bayinya. Tidak ada makanan atau minuman tertentu yang meningkatkan kualitas ASI. Mama dianjurkan untuk makan dengan gizi seimbang dan mengonsumsi cukup cairan,” papar Amalia.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Selain itu, Amalia menyarankan mamil untuk rutin berolahraga. Olahraga yang tergolong mudah dan murah ini bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk mamil. “Selama tidak ada kontraindikasi atau aktivitas tertentu yang bisa membahayakan janin, olahraga secara teratur bisa membuat tubuh mamil menjadi lebih sehat, stamina lebih baik, yang nantinya akan membuat proses persalinan lebih lancar.” Proses persalinan yang lancar, tentunya akan membuat Mama merasa bahagia.

Bila ditambah dengan tubuh yang sehat, proses menyusui akan menjadi lebih mudah lagi. Jika ingin melakukan olahraga yang aman bagi mamil sekaligus mendapat wawasan lebih tentang proses melahirkan, di usia kehamilan 28 minggu biasanya mamil sudah bisa mengikuti senam hamil yang diadakan oleh pihak rumah sakit. Demi kesehatan diri dan janin, baiknya konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum mengikuti kelas senam atau melakukan olahraga tertentu, ya, Ma.

Tidak Dianjurkan

pijat payudara saat hamil. Pemijatan dikhawatirkan akan menstimulasi kontraksi rahim yang bisa mempercepat terjadinya kelahiran. Hal ini berbahaya bila usia kehamilan belum cukup bulan. Merawat payudara sejak trimester kedua bisa membuat mama akan merasa jauh lebih siap untuk masa menyusui kelak. Akan tetapi tidak perlu perawatan secara khusus ya mam. Karena menyusui itu memang sudah tahapan semua mama ketika melahirkan kelak.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *