Categories
Parenting

Tip dan Trik Usir Stres

Syukuri kehamilan, relaks, dan nikmati hari-hari selama menjalani kehamilan. Beribadah sesuai agama atau kepercayaan mamil. Kontrol kehamilan secara teratur ke bidan, dokter umum atau dokter obgin. Menjaga asupan nutrisi mamil dengan makanan bergizi seimbang, sehingga terpenuhi kecukupan kalori yang dibutuhkan mamil. Lakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Olahraga ringan dan ikuti senam hamil. Istirahat sesuai kebutuhan tubuh mamil.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Tetap merawat diri dan kecantikan mamil secara rutin, seperti, Membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari sesuai jenis kulit wajahnya, sehabis merias wajah atau sebelum tidur. Bila kulit mamil terasa kering, gunakan pelembap. Bila mamil akan keluar rumah, gunakan sunscreen atau tabir surya berkadar SPF rendah, disarankan SPF 15.

Gunakan krim khusus pencegah stretch mark berbahan dasar herbal alami. Bila bagian perut terasa gatal karena proses peregangan fisiologis di daerah perut, alasi perut dengan kain lembut yang cukup tebal, lalu diusap-usap mengunakan telapak tangan, jangan mengunakan kuku.

Kiat Kelola Stres

Perubahan pada masa kehamilan tidak bisa dihindari, agar mamil dapat mengelolanya, menurut Dian L. Izwar, MPH, Psi., dari klinik Psikologi RS Islam Jakarta, Pondok Kopi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan :

1. Kenali penyebab stres. Pikirkan apa yang membuat Mama stres dan terbenani. Jika mungkin, selesaikan masalah yang menjadi beban pikiran mama. 2. Minta bantuan. Berbagilah pada orang yang dapat Mama percaya (suami, ibu, sahabat, adik/kakak) atau minta bantuan proIesional (bidan/dokter/psikolog) untuk menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri.

Bahkan, hanya sekadar bercerita saja pada mereka dapat membuat Mama merasa lebih lega dan sering kali mendapatkan sudut pandang baru. 3. Buku antistres. Kapan saja Mama merasa ada hal yang mengganggu atau membuat khawatir, tuliskan di buku antistres. Dengan menulis, maka ketegangan yang dirasakan bisa berkurang. Selain itu, Mama juga bisa menanyakan apa yang menjadi kekhawatirannya kepada proIesional (bidan/dokter) pada saat memeriksakan kehamilan. 4.

Manjakan diri. Stres artinya tegang. jadi, untuk mengatasinya, Mama perlu relaks. Manjakan diri dan lakukan aktivitas yang bisa membuat nyaman. Dengarkan tubuh Mama. Kalau lelah, beristirahatlah. kalau ingin sesuatu, lakukan. kalau tidak ingin atau tidak mampu melakukan sesuatu yang selama ini menjadi tanggung jawab Mama, bicarakan dengan orang-orang yang terlibat.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *