Categories
Teknologi

Aktivitas Pengguna Wagon

Selain menyenangkan untuk digunakan berbelanja, mobil dengan kapasitas kargo yang besar juga diuntungkan saat digunakan untuk kegiatan berlibur. Dengan ruang kargo besar, barang bawaan banyak khas berlibur dapat dengan mudah dan aman tersimpan disana.

Terkadang, untuk menunjang kegiatan selama berlibur, barang dengan dimensi besar perlu dibawa. Contohnya gitar, atau mungkin papan selancar. Tentu hal itu bukan menjadi masalah bagi kedua station wagon ini.

Bangku baris kedua mobil ini bisa dilipat untuk mengakomodasi barang berdimensi besar. Ada sedikit perbedaan cara pelipatan bangku di kedua mobil ini. Untuk Mercedes-Benz 300TE, Anda harus melepas seluruh headrest bangku baris kedua, menarik alas jok ke depan, baru Anda bisa melipat sandaran jok ke depan. Konstruksi pelipatannya pun terlihat unik dan kurang praktis.

Sedangkan MercedesBenz E250 Estate lebih praktis dalam pelipatan jok, Anda hanya perlu menarik tuas di sisi samping jok dan sandaran bangku pun langsung terlipat rata ke depan. Jika pelipatan itu masih dirasa kurang untuk menampung barang bawaan, Anda bisa melepas frame partisi jok dengan bagasi.

Untuk melepasnya, kedua mobil ini memiliki cara yang sama, tinggal tarik tuas dan geser as frame ke arah luar. Bagi Anda yang sedang memiliki bayi, keselamatan mereka selama perjalanan mutlak diperhatikan. Untuk itu, penggunaan child seat dianggap perlu untuk meningkatkan nilai keselamatan mereka sepanjang perjalanan.

Travelling Activity

Mercedes-Benz 300TE belum memiliki fitur ISOFIX untuk menempatkan child seat. Anda harus melilitkan seatbelt di celah yang tersedia di child seat dan pastikan seatbelt terkait sempurna di buckle-nya. MercedesBenz E250 Estate lebih mudah dalam penggunaan child seat, karena sudah dilengkapi fitur ISOFIX.

Anda hanya perlu memasukan latch di child seat ke ISOFIX striker yang berada di jok. Jika barang bawaan yang diangkut tidak terlalu banyak, Anda bisa menempatkan anak-anak di bangku baris ketiga. Kedua mobil ini memiliki bangku tambahan khusus anak-anak di baris ketiga. Cara mengeluarkan bangku anak ini cukup mudah, Anda hanya perlu menarik tuas di dasar bagasi untuk mengeluarkan bangku tersebut.

Posisi bangku itu menghadap ke belakang, sehingga anak Anda akan aman saat jika terjadi tabrakan frontal. Badan anak akan tertahan bangku saat momen inertia terjadi ketika tabrakan. Apa hal lain yang diperlukan sebuah mobil saat dipakai berlibur? Hal yang penting adalah tenaga mesin. Karena dengan barang bawaan yang ba nyak, perfoma mobil akan cenderung menurun.

MercedesBenz 300TE menggunakan mesin 2.962 cc 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 215 dk dan torsi 265 Nm. Mesin bertenaga itu disandingkan dengan transmisi otomatis 4-speed dan penggerak 4 roda. Sedangkan E250 Estate menggunakan mesin lebih kecil, yaitu 1.991 cc 4 silinder. Namun meski mesin lebih kecil, bukan berarti kurang bertenaga. Mesin yang telah menggunakan turbo ini mampu memuntahkan tenaga 211 dk dan torsi 350 Nm.

“Meski mesin berkapasitas kecil, saya harus mengakui bahwa E250 Estate terasa lebih bertenaga dan mengasyikkan,” komentar Ryan. Mengenai fitur yang berguna selama perjalanan, E250 Estate juga terasa lebih unggul. Sebut saja engine auto start/stop yang bisa menghemat bahan bakar, paddle shift untuk sensasi berpindah gigi yang menyenangkan, lalu sistem hiburan yang tergolong cukup lengkap.

Sedangkan 300TE tidak berarti buruk dalam hal ini, fitur sunroof pun sudah standar di mobil ini, lantunan suara yang keluar dari speaker Blaupunkt pun terasa berkelas. Jika kenyamanan yang diutamakan, E250 Estate terasa lebih maksimal. Tapi keduanya terbukti menyajikan rasa yang ide ntik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.