Categories
Teknologi

TEKNOLOGI HYBRID DI SUPERCAR

  • Porsche 918 Spyder

Untuk urusan tenaga, memang Porsche 918 Spyder tidak lebih besar dari McLaren P1. Dan yang mengejutkan, ternyata mobil ini juga dikembangkan agar memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Sebagai perbandingan, jika EV Mode McLaren P1 hanya mampu menempuh jarak 10 km saja, Porsche 918 Spyder mampu meraih angka 20 km.

Porsche 918 Spyder menggunakan mesin V8 4.593 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 608 dk. Tenaga dari mesin digabungkan dengan dua motor elektrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 286 dk. Secara total, Porsche 918 Spyder mampu menghasilkan tenaga sebesar 887 dk. Akselerasi dari 0-100 km/jam diklaim mampu ditempuh dalam 2,8 detik.

Mobil ini memiliki empat mode penyaluran tenaga. Pertama E Power Mode, pada mode ini hanya motor listrik yang berkerja untuk menggerakkan mobil. Kemudian ada Hybrid Mode, di mana motor bakar dan motor listrik bekerja bergantian untuk mendapatkan konsumsi BBM yang paling efisien. Lalu ada Sport Hybrid Mode, di mode ini mesin bakar beroperasi penuh dan diberi tenaga tambahan dari motor elektrik.

Terakhir ada Race Hybrid Mode. Di mode ini, mesin bakar juga beroperasi penuh namun dengan dorongan motor elektrik yang lebih besar, sehingga menghasilkan performa lebih maksimal. Baterainya memiliki kapasitas 6,8 kWh berjenis lithium-ion.

  • Acura NSX

Sportscar asal Jepang ini juga tidak ketinggalan untuk menggunakan teknologi hibrida. Acura NSX menggunakan unit mesin bakar V6 3.493 cc bertenaga 500 dk. Untuk urusan motor elektrik, mobil ini menggunakan 3 unit.

Satu unit bertenaga 47 dk berada di belakang yang menempati posisi di antara mesin dan transmisi dan dua unit masing-masing bertenaga 36 dk di roda depan. Yang menarik, selain untuk mendongkrak tenaga, sistem hybrid di Acura NSX juga dipakai untuk meningkatkan handling. Itulah mengapa, mobil ini menggunakan dua motor elektrik di kedua roda depan.

Kedua motor itu dipasang independen di masing-masing as roda dan berguna layaknya vectoring brake. Bedanya, vectoring brake akan memperlambat rotating speed salah satu roda, motor elektrik di mobil ini justru akan meningkatkan rotating speed di salah satu rodanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *