Categories
Berita

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Apakah Bisa Dilakukan Dirumah?

Meskipun gigi ngilu seringkali membuat Kita tidak nyaman, akan tetapi jangan khwatir karena ada 5 cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda sekalian coba di rumah dan cara-cara tersebut antara lain:

1. Meminum Minyak Cengkeh

Sebenarnya Anda tidak perlu membayangkan akan meminum minyak cengkeh dengan segelas penuh dan sekali teguk. Cukup dengan beberapa tetes minyak cengkeh yang dicampur dengan setengah gelas air hangat akan dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi Anda.

Usahakan untuk berkumur setiap hari dengan campuran ini, aar kuman-kuman dalam mulut Anda juga hilang.

2. Minum Susu Sapi Murni

Manfaat susu sapi murni segar memang sangat banyak. ternyata susu sapi ini juga bisa mengurangi kadar ngilu pada gigi Anda. Dengan rutin meminum susu sapi, maka email gigi Anda bisa semakin kuat.

Selain itu kandungan dalam susu sapi segar akan dapat membantu menstabilkan fluoride, kalsium, dan ion fostfat, sehingga gigi tidak akan mudah keropos atau terkikis, jadi rasa ngilu pun bisa diminimalisir.

3. Mengurangi Memakan Makanan Asam

Selain makanan atau minuman yang dingin, ternyata makanan yang asam juga seringkali membuat gigi seseorang ngilu bukan main. Hal ini wajar terjadi karena gigi apabila bertemu dengan makanan yang memiliki kadar asam tinggi, akan mudah nyeri atau ngilu.

Hal ini bisa dihindari dengan mengurangi sedikit demi sedikit konsumsi Anda pada makanan yang asam. Atau jika Anda sudah terlanjur mengkonsumsi makanan yang asam, jangan langsung menyikat gigi Anda, karena justru akan menambah rasa ngilu pada gigi. Usahakan menyikat gigi satu sampai dua jam sebelum makan atau setelah makan makanan yang asam.

4. Minum Air Mineral

Salah satu cara mengatasi gigi ngilu paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan air mineral. Cara ini sudah terbukti ampuh mengurangi kadar kengiluan pada gigi baik yang sensitif maupun ngilu biasa.

Caranya cukup mudah, yakni selain sering minum air putih, usahakan juga sering berkumur dengan air mineral agar kuman-kuman yang ada di mulut bisa dihilangkan sesering mungkin.

5. Menyikat Gigi dengan Teratur

Menyikat gigi secara teratur mungkin sudah sering disarankan oleh dokter yang menangani ngilu pada gigi Anda. Tapi selain itu, Anda juga harus memperhatikan sikat gigi yang Anda pakai.

Usahakan menggunakan sikat yang tidak terlalu keras alias cari bulu sikat yang lembut dengan ujung sikat yang kecil. Kemudian usahakan menggunakan pasta gigi yang diformulasikan untuk gigi-gigi yang sensitif. Hal ini agar gigi Anda tetap terjaga, kuat, dan terhindar dari rasa nyeri atau ngilu saat digunakan untuk mengunyah sesuatu.

Nah, itulah tadi kelima cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda praktekkan di rumah, tanpa harus merogoh kocek yang mahal untuk membeli serangkaian obat atau juga berobat ke dokter.

Cukup dengan mengubah kebiasaan Anda dan rutin menyikat gigi, maka rasa ngilu itu akan perlahan hilang dari gigi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.