Categories
Pendidikan

Mengenal Keadaan Geografis, Ekonomi, dan Luas Wilayah Jerman

Luas Wilayah Jerman – Jerman terletak di antara Eropa barat dan tengah. Negara ini membatasi laut Baltik dan laut Utara. Jerman ada di sebelah selatan Denmark serta berada di antara Polandia dan Belanda.

Jerman juga berbatasan dengan negara lainnya seperti Perancis, Swiss, Austria, Belgia, Luksemburg, dan Ceko, seperti dikutip dari website Eduversity.

Luas wilayah Jerman bersatu adalah 357.386 kilometer persegi yang membentang sejauh 853 kilometer dari perbatasan utara dengan Denmark ke Pegunungan Alpen di selatan. Sedangkan kalau dihitung lebarnya, ada sekitar 650 kilometer yang diukur dari perbatasan dengan Belgia di barat dan Perbatasan Polandia di timur. 

Berapakah Luas Negara Jerman?

 

Sebagian besar wilayah Jerman merupakan daratan yang mencapai 349.223 kilometer persegi. Sementara wilayah lautan hanya mencakup 7.798 kilometer persegi. Luas wilayah Jerman merupakan yang terbesar ketujuh di Eropa dan ke 64 di dunia. 

Jerman juga menjadi salah satu negara terpadat di Eropa dengan jumlah populasi mencapai 82,8 Juta orang. Dengan populasi sebanyak itu, Jerman menjadi negara berpenduduk terbanyak kedua di Eropa, setelah Rusia.

Jerman memiliki bentuk bentang alam yang memanjang dan tidak beraturan, mirip pulau Sumatera. Wilayah daratan Jerman dipenuhi dengan perbukitan yang dilintasi sungai dan lembah. Bukit-bukitnya terdiri dari hutan yang membentuk dataran tinggi, yang akhirnya mencapai puncak gunung yang menjulang tinggi.

Jerman juga dilalui sungai-sungai utama di Eropa seperti sungai Rhine, Elbe, dan Danube. Sungai-sungai tersebut menghubungkan berbagai wilayah di Jerman dan Eropa. Selain itu, Jerman juga memiliki daratan yang dipenuhi danau dan rawa-rawa. Perairan Jerman mencakup dua persen dari total luas wilayah Jerman.

Jerman Terbagi Menjadi 4 Wilayah Topografi yang Berbeda 

 

Banyak ahli geografi yang membagi Jerman ke empat wilayah topografi yang berbeda, yaitu dataran rendah di Jerman utara, dataran tinggi di Jerman tengah, Jerman selatan, serta wilayah Alpen.

Berlin menjadi ibukota sekaligus kota terbesar di Jerman. Tapi Jerman merupakan negara yang terdesentralisasi. Sehingga tiap kota di Jerman memiliki spesialisasi masing-masing. Misalnya saja Frankfurt sebagai pusat keuangan Eropa, Hamburg sebagai kota pelabuhan, serta Munich menjadi pusat bisnis. 

Beberapa kota-kota besar dan terkenal lainnya diantaranya Dortmund, Stuttgart, Hannover, Düsseldorf, Leipzig, Dresden, Bremen, Cologne, dan Nuremberg. 

Dengan segala potensinya, Jerman saat ini menjadi negara modern dengan perekonomian yang sangat kuat. Bahkan ekonomi Jerman dianggap sebagai yang terbesar keempat di dunia dibelakang Amerika Serikat, China, dan Jepang.

Ekonomi di Jerman

Ekonomi Jerman tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi yang dikembangkan ilmuwan dan Insinyur Jerman. Jerman saat ini menjadi produsen semen, batubara, besi, baja, serta bahan kimia dengan menggunakan teknologi paling mutakhir. 

Industri berbasis teknologi lain yang berkembang pesat di Jerman adalah produksi mesin, otomotif, elektronik, dan perkapalan. Pertanian juga penting dalam ekonomi Jerman dengan produk utamanya diantaranya kentang, gandum, kol, buah-buahan, produk susu, dll.

Dengan luas wilayah Jerman yang termasuk luas untuk ukuran Eropa, mereka mampu memanfaatkan segala potensinya untuk maju dan menjadi negara besar.

Nah, kalau melihat potensi yang ada, negara kita Indonesia seharusnya tidak kalah dengan Jerman. Jadi, tetap semangat berbuat terbaik untuk bangsa dan negara ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.