Ingin Agar Anak Bisa Fokus dan Mandiri

Ibu Mayke, anak lelaki saya (6) kelihatannya tidak bisa fokus untuk menyelesaikan kegiatan. Selalu harus ditegur untuk menyelesaikannya. Contoh, kalau disuruh makan lama sekali bisa berjam-jam. Itu pun sambil saya tegur, lalu saya suapi supaya makannya cepat selesai. Lalu kalau belajar harus selalu ditunggui, karena kalau tidak, selalu menyela dengan bermain. Bagaimana cara supaya anak bisa fokus, mandiri, tanpa harus selalu ditegur? Terima kasih atas jawaban Ibu Mayke. Nurfani Salamad – Bogor.

Salam kenal buat ibu Nurfani. Kegundahan ibu juga dirasakan oleh para ibu lain. Kebanyakan orangtua sering terlupa memberikan kesempatan pada anak mengembangkan kemampuan psikososialnya. Perkembangan psikososial anak mengikuti tahapan tertentu. Pada usia batita, anakanak biasanya ingin menunjukkan kebolehan dirinya, antara lain tampil dalam perilaku memaksakan kehendak, ingin melakukan sendiri walaupun belum terampil; ingin memakai baju pilihannya sendiri, ingin makan dengan caranya sendiri.

Reaksi orangtua bermacam-macam. Ada yang bisa bernegosiasi dengan anak, anak boleh menjajal kemampuannya, tapi tetap ada batasan yang diberikan orangtua. Sementara orangtua lain langsung mematikan keinginan anak untuk menjajal kemampuan dan keinginannya, sehingga akhirnya ketika memasuki usia prasekolah (3-5/6 tahun), inisiatif anak-anak ini tidak berkembang, tanggung jawab pribadinya tidak terbentuk, semua terserah orangtua, orangtua yang mengatur, dan dia tinggal terima beres.

Saya menduga, putra Ibu sejak kecil tidak dibiasakan mengembangkan otonomi dan inisiatifnya, sehingga sekarang dia belum mampu mengatur dirinya sendiri, sebab selalu atas perintah dan bantuan orangtuanya. Dikhawatirkan, ketidakmampuan mengatur dirinya akan terus berlangsung dan di usia Sekolah Dasar anak tidak mempunyai motivasi untuk berprestasi. Kembali, semuanya bergantung pada arahan orangtua. Apa yang harus dilakukan? Dalam hal makan, Ibu perlu tega dan tegar membiarkan dia kelaparan dan jangan sampai menyuapi anak, usianya sudah 6 tahun, tidak pantas lagi disuapi.

Mendidik anak agar mandiri dan bisa fokus ialah tanggung jawab orangtua. Karena hal itulah yang harus dilakukan agar anak tidak selamanya bergantung pada orangtua. Terutama ketika anak akan mengikuti ujian IELTS, berikan ia bekal di tempat terbaik kursus persiapan IELTS di Jakarta.

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *