PENTINGNYA DIGITAL MARKETINGDI ZAMAN NOW

Di era digital, tren bisnis dan berubah dengan cepat. Para marketing marketer harus memiliki pengetahuan dan paradigma serta skill berbeda tentang dunia online marketing. Internet merupakan sebuah media yang sangat besar. Ada banyak peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi para pemasar yang ingin berhasil menjalankan program marketing di era digital. Saat ini, melakukan pemasaran tradisional saja tidak cukup. Para pemasar membutuhkan strategi modern marketing dengan menerapkan digital marketing sebagai solusinya. Manfaatnya akan memberikan pengetahuan tentang pentingnya menerapkan digital marketing di dalam proses penjualan sehingga peserta pelatihan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan memperluas pasar dan mempertahankan pasar yang ada melalui media Internet.

Digital marketing sejatinya merupakan aktivitas promosi, baik untuk sebuah brand maupun produk menggunakan media elektronik (digital). Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas. Sebutlah televisi atau radio yang hanya menyampaikan informasi secara satu arah. Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama. Perbedaan antara konvensional dan marketing digital Untuk konvensional, yang dilakukan, misalnya, iklan di majalah atau koran, brosur dan flayer, poster dan telepon fax, serta yang lainnya dilakukan secara manual.

Marketing digital sudah menggunakan strategi pemasarannya media digital, khususnya online, dapat diukur, terukur secara tepat. Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, juga mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak. Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis menjadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan promosi Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik. Terus apa yang harus di pelajari dalam digital marketing, di antaranya sebagai berikut: 1. Strategi membuat kampanye pemasaran online. 2. Cara mengembangkan website yang menghasilkan penjualan. 3. Cara mengoptimalkan situs di dalam mesin pencari (SEO). 4. Teknik promosi website melalui berbagai media (AdWord, FB Ad, FB, Twitter, Other Blog, dll).

5. Berbagai teknik meningkatkan konversi penjualan. Bagaimana cara memulai digital marketing bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik? Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah kenali apa aset digital yang Anda miliki, di antaranya website, unggahan blog, akun media sosial, identitas (logo, company profile), dan lainnya. Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu diakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang dimiliki. Semisal, untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui media sosial, seperti Instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan shareable.

Hal lain yang cukup penting adalah jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, usahakan profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan. Karena, hal tersebut juga menjadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Tempo Komunitas telah bekerja sama dengan Harvest City untuk pelatihan digital marketing secara in house dengan jumlah peserta 25 orang pada 9 Agustus 2018 di Cileungsi, Bogor. Tempo Komunitas juga mengajak Anda mengikuti pelatihan digital marketing ini yang rencananya akan kita adakan setiap bulan pada 2018. Target dari pada pelatihan ini adalah para marketing, sales, yang melaksanakan fungsi sebagai pemasaran atau penjualan, atau mereka yang memiliki passion menjadi pengelola media sosia

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *