Waspada Bila Tetap Melekat

Meskipun merupakan bagian dari tumbuh kembang anak, Mama Papa tetap harus waspada apabila sikap manipulasi ini bertahan hingga anak memasuki usia sekolah dasar. Dalam tugas perkembangannya, anak pada usia 6-7 tahun sudah mampu mengungkapkan kebutuhannya kepada orang lain sehingga ia tak perlu lagi bersikap manipulatif agar kebutuhannya terpenuhi. Ia juga sudah dapat meregulasi emosinya sehingga mampu mengendalikan diri ketika keinginannya tidak segera dipenuhi.

Dengan demikian, perilaku manipulasi seharusnya tidak lagi muncul. Jika anak tidak menunjukkan perilaku tersebut, tidak berarti ada yang salah dalam tumbuh kembangnya. “Pada intinya perkembangan anak ialah hal unik yang tidak bisa untuk menjadi perbandingan antara satu anak dengan anak yang lain” ujar Titis. Asal tahu saja, pada berbagai literatur mengenai perkembangan anak, tidak ada yang membahas secara spesifik ataupun menjadikan perilaku manipulatif sebagai milestone tahap perkembangan anak.

Itu berarti perilaku manipulatif hanyalah dampak dari karakteristik batita. Dampak tersebut bisa juga tidak tampil dalam bentuk perilaku manipulatif, misalnya dalam bentuk keras kepala atau pelit dalam berbagi mainan dengan anak lain. Jadi, Mama Papa harus terus peka terhadap tahap-tahap perkembangan anak.

Sulit Makan Belum Tentu Picky Eater

Susah makan adalah kondisi yang umum terjadi pada anak batita dan tidak selalu berujung pada picky eater. Pengertian picky eater adalah anak yang menolak makanan dengan rasa, tekstur, aroma atau tampilan spesifik. Ia juga sulit menerima jenis makanan baru. Picky eater sendiri dapat mulai dideteksi sejak anak masih dalam periode menyusu.

Pada satu bulan pertama usianya, anak yang picky eater memiliki pola mengisap yang berbeda dan jumlah isapan yang lebih sedikit dibandingkan anak pada umumnya. Picky eater memiliki indra pengecap yang sangat tajamssering kali disebut “supertaster” sehingga mereka sangat sensitif terhadap rasa makanan tertentu. Picky eater jelas berbeda dari kecenderungan sulit makan pada batita yang bersifat sementara.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing berikan ia pelatihan di tempat terbaik kursus belajar bahasa Perancis di Jakarta. sehingga ia memiliki bekal keterampilan bahasa asing yang akan sangat berguna di masa depannya nanti.

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *